Langsung ke konten utama

10 jenis ikan hias

1. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR ARWANA (SCLEROPAGES FORMOSUS)
From: Tips Petani.com
Ikan hias airwana dapat kita jumpai di Asia tenggara, di Asia sendiri ikan arwana di juluki sebagai ikan naga karena mempunyai dua sungut yang berada di bawah bibirnya yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mangsanya, Hal itulah yang menyebabkan ikan arwana juga sebut sebagai ikan predaror.
Berikut adalah video dari beberpa jenis ikan arwana :
Habitat ikan arwana berada di perairan Papua dan Kalimantan. Ikan arwana termasuk dalam kategori ikan yang dilindungi seluruh dunia. Tidak sedikit orang yang membudidayaka ikan arwana karena keunikan dan keindahan ikan arwana, selain itu ikan arwana harganya juga sangat mahal sehingga cocok buat kamu jika ingin berbisnis ikan arwana atau sekedar memeliharanya untuk dinikmati keindahannya.
B
2. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR/ BLACK PHANTOM (APTERONATUS ALBIFRONS)
From: Akuarium Ikan Hias.com
Ikan hiasair tawar Black Ghost (Hantu hitam) berasalah dari perairan sungai amazon dan Surinam. Kenapa dikenal dengan sebutan black ghost ? pertama jika dilihat sepintas ikan ini mirip dengan hantu hitam, terlebih bentuk mereka yang bergelamir membentuk nama itu cocok untuk ikan ini.
Ada juga yang menyebutnya dengan nama “ikan penari balet” dikarenakan gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan lenturnya.Ini dimungkinkan Karena bentuk tubuh ikan black host yang lentur dan menggelambir, sehingga mungkin melakukan maneuver yang tidak bisa di lakukan ikan black host.
Jika dilihat dengan seksama ikan black host termasuk ikan yang besar, namun makanan ikan ini tidak besar melainkan seperti jentik-jentik nyamuk, cacing kering dan pelet  dapat dimakan oleh ikan ini. Jadi tidak sulit jika kamu ingin memelihara ikan ini baik di dalam rumah atau di luar rumah.
3. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR BOTIA (CHOROMOBOTIA MACRACHANTUS)
From: bukubiruku.com
Ikan hias botia termasuk yang bukan hanya banyak digemari di Indonesia namun juga banyak di gemari di manca Negara tetangga, Ikan Botia termasik ikan dari family Cobtidae. Dari beberapa ikan botia jenis yang banyak diminati adalah ikan botia badut, botia morleti, botia india, dsbg.
Ikan botia yang berasal dari Indonesia adalah ikan botia macan dan ikan botia badut. Namun ikan botia yang banyak dikenal dikalangan pecinta ikan dan banyak di impor ekspor adalah jenis ikan badut dengan nama ilmiah Choromobotia macrachantus.
Ikan botia banyak digemari pecinta ikan karena bentuknya yang lucu, agak bulat memanjang dan agak pipih kesamping, tidak bersisik dengan bentuk mulut agak ke bawah (semacam torpedo) dengan empat pasang antena atau sungut diatasnya.
Ikan botia berwarna kuning cerah dengan 3 garis lebar berwarna hitam (Satyani et al., 2007) . Habitat ikan botia di perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya, ikan ini juga merupakan nokturnal yaitu aktif melakukan kegiatan mencari makan di malam hari.
Banyak orang yang memanfaatkan ikan botia selain untuk berbisniss dimanfaatkan juga sebagai ikan hias, karena warna dan keindahannya ikan ini banyak di minati oleh banyak orang khusunya di Indonesia.
C
4. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR CUPANG
From: Kang Suhe’s Blog
Ikan hias cupang merupakan salah satu ikan hias yang cukup popular di Indonesia khususnya. Ikan cupang memiliki bentuk tubuh yang cantik, sehingga tidak sedikit yang memeliharanya sebagai ikan hias baik di aquarium maupun di kolam.
Ikan cupang ini banyak ditemui di daerah periaran Asia Tenggara seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Indonesia.
Dari segi gerakan ikan cupang termasuk ikan yang bergerak dengan lamban dan lebih sudak menunjukkan keanggunannya dengan cara mengibas sirip dan ekornya yang cantik.
Berikut adalah video dari ikan cupang :
Ikan cupang juga merupakan ikan yang dapat bertahan hidup lama sehingga jika ditemptakan di wadah dengan volume air sedikit dan atau tanpa adanya sirkulasi udara ikan ini masih dapat berthan hidup, Oleh sebab itu jugalah ikan ini mudah di pelihara.
5. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR CORYDORAS
From: Akuarium Ikan Hias
Ikan hias Corydoras merupakan ikan genus Corydoras yang berasal dari Amerika Selatan. Corydoras adalah genus terbesar dari ikan neo-tropis, dengan lebih dari 142 spesies. Habitatnya banyak di sungai-sungai yang besar maupun sungai yang kecil, ikan Corydors penghuni daerah dasar sungai atau kolam dan ikan ini mencari makan di dasar pasir, krikil atau detritus.
Ikan corydoras ini juga sering disebut dengan julukan ikan tikus, karena cara mereka berenang memang iterlihat seperti tikus yang sedang berjalan. Suhu ideal untuk ikan corydoras ini adalah sekitar 24-28 °C, mereka akan lebih senang jika kolam atau aquarium yang kamu gunakan untuk memelihara mereka sangat mirip dengan habitat aslinya yaitu sungai Amazon.
Oleh sebab itu kamu dapat mengcostum aquarium kalian untuk menjaga mereka agar tetap senang berada di habitat barunya, Ikan corydoras juga menyukai aquarium yang dasarnya berpasir, mereka bisa memakan kotoran atau sisa makanan yang berada di dasar aquarium.
Jika habitat asliya ikan Corydoras mendiami berbagai jenis air namun cenderung lebih menyukai air yang lembut, netral hingga sedikit asam atau sedikit basa. Ikan Corydoras hanya dapat mentolerir sebagian garam saja ( beberapa spesies tidak dapat mentolerir garam sama sekali) Ikan Corydoras juga tidak menghuni lingkungan yang dipengaruhi pasang surut.
Ikan Corydoras lebih suka berkelompok atau agregasi dari ratusan atau bahkan ribuan ikan corydoras, biasanya dari jenis spesies tunggal, namun kadang-kadang dengan spesies lain juga bercampur menjadi satu kelompok. Ikan corydoras merupakan ikan yang aktif dan mencari makanan di pagi hari.
Di alam liar, makanan utama ikan corydoras adalah serangga yang tinggal di bawah dan larva serangga dan beberapa jenis cacing, serta beberapa sayuran. Meskipun ikan corydoras bukanlah picovores (pemakan ikan), namun mereka akan memakan daging ikan yang telah mati.
Cara makan mereka adalah mencari bagian bawah dengan sungut sensoriknya dan menyedot makanan dengan mulut mereka.
Ikan corydoras bisa dijadikan sebagai ikan hias peliharaan, karena ikan ini mudah di pelihara, damai, kuat, aktif, kecil dan sangat menghibur. Namun jangan menempatkan mereka dengan pasangan tangki besar yang agresif, ikan ini mempunyai umur yang panjang, dikatakan ikan corydoras dapat hidup hingga 20 tahun.
Terkadang ikan corydoras akan naik ke pemermukaan, dan tingkat moncong mereka di atas air sesaat untun bernafas di udara. Perilaku ini merupakan hal yang normal dan bukan merupakan indikasi bahwa terdapat sesuatu yang salah pada ikan ini.
Semua ikan corydoras adalah fakulatif bernafa di udara, maksudnya mereka mempunyai kemampuan untuk menghirup udara atsmosfer hingga batas tertentu. Mereka mempunyai usus yang sangat vascularised untuk membantu dalam penyerapan oksigen.
Adaptasi ini memungkinkan ikan ini untuk bertahan hidup jika habitat mereka menjadi kekurangan oksigen untuk bernafas. Namun, jika pernafasan di permukaan dilakukan secara berlebihan, itu dapat menunjukkan bahwa kondisi air yang mereka tinggali sangat buruk.
Perlu diperhatikan bahwa ikan corydoras merupakan kelompok ikan lelel “lapis baja”, yang mempunyai dua baris lempeng tulang di sepanjang sisi-sisi mereka. Mereka juga mempunyai duri sirip dada yang tajam, yang dengan mudah dapat tersangkut dalam jarring aquarium dan juga bisa menghasilkan sengatan menyakitkan jika sampai menembus kulit.
Jadi berhati-hatilah saat bermain atau akan memindahkan ikan crydoras dari tempatnya dengan alasan apapun.
6. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR CONGO TETRA
From: Cara Budidaya Ikan
Jenis ikan hias congo termasuk ikan hias yang paling menarik karena memiliki warna yang indah di pandang mata. Ikan ini termasuk ikan yang suka bergerombol dan sangat aktif. Dari keaktifan ikan ini tidak menjadikannya ikan yang buas melainkan ikan ini termasuk ikan yang pemalu dan suka bersahabat dengan ikan lainnya.
Bentuk badan oval dan memanjang, dan memiliki warna biru yang indah sedikit kekuning-kuningan akan lebih keliatan menarik saat terkena cahaya lampu aquarium. Karena sifat ikan congo tetra yang suka bersahabat menjadikan ikan ini bisa di campur dengan ikan hias lainnya seperti, ikan hias guppy, rainbow, platis dan jenis-jenis ikan hias yang bersahabat lainnya.
Alangkah baiknya ikan congo tetra tidak dicampur dengan ikan yang galak. Galak suka marah-marah gak jelas J bukan. Maksud galak di sini adalah ikan hias yang suka iseng dan usil menggit-gigit ekor ikan lainnya.
Karena jika sampai di campur ikan hias congo tetra bisa menjadi santapan empuk bagi ikan-ikan semacam itu (ikan galak).
Jika dilihat dari ukuran tubuh, ikan ini memliki ukuran tubuh sekitar 8-10 cm. Memang jika di bandingkan dengan ikan hias lainnya ikan ini tidak terlalu besar, Namun ikan ini terlihat indah jika kamu memeliharanya dalam jumlah banyak, karena saat berenang ikan ini suka bergerombol dan membuatnya terlihat semakin menarik.
Dari segi makanan ikan congo tetra tidak jauh beda dengan jenis ikan peliharaan lainnya yakni se[erti bloodworm atau cacing beku. Bisa juga di kasih pelet yang berukuran kecil atau granule. Sebenarnya dalam hal pakan ikan ini tidak terlalu sulit.
Perlu diperhatikan juga saat mengganti air usahakan jangan menggunakan air baru dari kran langsung atau sumur, Gunakanlah air yang sudah diendapkan dan di aerisasi minimal 1×24 jam. Semakin lama air di aerasi, semakin bagus juga untuk digunakan.
Karena ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan air yang terlalu ekstrem. Dapat menyebabkan strees sampai kematian. Ikan hias air tawar congo tetra bisa di pelihara di aquarium dengan suhu antara 25 – 28 °C.
Jika suhu air terlalu dingin, ikan ini mudah terserang penyakit seperti whitespot di badannya. Kadar pH yang baik untuk ikan hias congo tetra adalah 6 samapi 7,5. Apabila kualitas air di perhatikan dengan baik, warna ikan ini akan terliat lebih cerah dan semakin indah.
Begitu juga sebaliknya, jika kualitas air kurang baik maka warna ikan ini akan pudar menjadi pucat dan terlihat kurang menarik. Untuk menambah keasaman dan membantu mestabilkan pH air bisa dengan menambahkan dengan daun ketepang.
D
7. JENISIKAN HIAS AIR TAWAR DISCUS (SYMPHYSODON SPP.)
From: lapangblog – WordPress.com
Ikan hias discus merupakan ikan yang habitat asalnya asli dari lembah sungai Amazon, Amerika Selatan. Tidak sedikit orang yang menggemari ikan discus ini karena keindahan dan bentuknya yang unik. Namun dirasa ikan hias air tawar jenis ini dirasa kurang cocok untuk pemula, karena memerlukan perawatan dan perhatian yang ekstra dibanding jenis ikan hias lainnya.
Namun tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin memelihara ikan discus ini untuk dijadikan ikan hias aquarium kamu. Nah, jika kamu ingin memelihara ikan discus ini, Kenali dahulu ikan discus ini.
Cara mengenalinya mudah, ikan discus ini mempunyai penampilan yang bisa dikenali dengan kasat mata. Bentuk ikan discus pipih jika di lihat dari depan dan akan kelihatan bundar jika dilihat dari samping, kemudian siripnya besar dan memanjang.
Pada bagian mulut dan mata ikan discus kecil, warna mata ikan discus cenderung terlihat berwarna merah jadi penampilannya terlihat lebis sangar. Panjang ikan discus bisa mencapai hingga 15 – 25 cm.
Berikut video ikan hias discus :
Pilihan ikan discus banyak variasinya tergantung tipe ikan ini, ada yang merah, hijau dan coklat. Ditubuhnya terdapat garis-garis vertikal yang umum digunakan untuk berkamuflase.
G
8. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR GUPPY
From: www.pet-lovers.id
Ikan hias air tawar bisa di temui di daerah Barnados, Triniad,Guyana, Brasil dan beberapa daerah di Asia Tenggara. Bentuknya yang cantik dan memiliki sirip-sirip yang indah dengan berbagai warna yang sangat mempesona.
Varian warna tersebut seperti kuning, Hijau, Merah, Biru dan beberapa kombinasi warna lain yang tampak begitu indah melapisi ikan guppy, ukuran ikan guppy sendiri kurang lebih 2,5 – 5 cm.
Untuk membedakan ikan guppy jantan dan betina bisa dilihat dari siripnya, Ikan guppy jantan cenderung memiliki sirip lebih lebar dengan warna-warna kontras yang lebih indah dibandingkan dengan ikan guppy betina yang warnanya cenderung kusam. Dari segi harga ikan guppy tidak terlalu mahal.
9. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR GURAME PADANG
From: Ceriwis
Ikan hias gurame padang memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan ikan gurami pada umumnya, bedanya kalau ikan gurami biasa sering dijadikan sebagai ikan konsmusi, namu kalau ikan gurami padang ini banyak digemari sebagai ikan hias.
Selain itu perbedaan lainnya adalah terletak pada warnanya, ikan gurame padang pada waktu kecil badannya berwarna kuning kemerah-merahan, mulutnya lancip dan bagian badan serta ekornya lebar.
Tetapi ikan gurame padang mengalami perubahan bentuk pada bagian kepala dan warna tubuhnya memudar menjadi kuning pucat dan warna kemerah-merahannya menghilang.
Pada bagian kepala ikan gurame yang sudah dewasa biasanya menjadi semakin aneh dengan bentuk tubuh jidat dan dagu yang semakin besar. Berbeda pada waktu ikan gurame masih kecil bentuk kepalanya lancip seperti ikan sepat.
Ikan gurame termasuk ikan yang mudah dipelihara karena ikan ini dapat memakan apa saja seperti pelet, udang, bahkan sayur-sayuran juga dimakan. Ukuran ikan gurame jika sudah dewasa bisa mencapai ± 50 cm dengan berat badan mencapai 4kg.
Untuk harga jualnya ika gurame ini tidak terlalu mahal jika di pelihara dari kecil, anakan gurame padang berukuran ±12 cm dijual kisaran harga Rp. 15.000, sedangkan yang sudah dewasa bisa mencapai ratusa ribu rupiah untuk daerah jawa dan daerah asalnya hatga ikan gurame tidak terlampau jauh perbedaannya.
H
10. JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR HIU BALA (BALA-BALA)
From: Dunia Perikanan
Ikan hias hiu bala atau juga disebut dengan ikan Bala-bala, hiu ikan kecil adalah salah satu speises ikan dari keluarga Cypirinidae dan merupakan salah satu dari dua spesies di dalam genus Balanatiochelis.
Jenis ikan hiu bala ini bukanlah jenis hiu benar namun pada umumnya disebut demikian karena bentuknya berbentuk seperti torpedo dan sirip besar, Ikan hiu bala ini terancam punah karena populasinya menurun mencapai 50 % dalam 10 tahun terakhir.
Jika dilihat dari penampilannya ikan ini mempunyai tubuh yang berwarn perak dengan margin hitam di punggung mereka, alan, ekor dan sirip perut. Ikan ini mempunyai mata besar untuk menemukan dan menangkap mangsa. Ikan hiu bala akan tumbuh panjang masksimal bisa mencapai 35 cm (14 ich).
Bagi kamu yang ingin mememelihara ikan ini di akuarium sangat cocok karena ikan hiu bala umumnya damai, baik dan bersahabat untuk berbagai jenis ikn tropis. Kamu bisa mendapatkan ikan ini di pasar terdekat rumah kamu atau lewat internet.
Ikan hiu bala merupakan ikan kuat yang akan mentolerir perubahan suhu, perubahan pH, dan faktor lain yang ikan lain mungkin sensitif. Namun lebih baik pH air yang cocok untuk ikan ini berkisar 6,0-8, 0 kesadahan air lebih baik untuk spesies ini lembut untuk media (5,0-12,0 bina marga).
Suhu air juga harus dijaga anrara 22-28 °C (72-82 °F) Hiu bala lebih menyukai jika dikelompokkan dalam dua atau lebih spesiesmen. Ikan ini termasuk ikan yang terampil jumper jadi jika ingin memeliharanya usahakan tertutup atau agak tinggi dari permukaan.
aisyah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN TENTANG BUDIDAYA IKAN HIAS

                   Budidaya Ikan Hias A.Wadah Budidaya Ikan Hias      wadah budidaya merupakan tempat untuk memelihara ikan.Wada budidaya ikan hias dapat dilakukan dimana saja.faktor yang harus diperhatikan dalam memilih wadah budidaya adalah menemukan pemilihan wadah budidaya yang tepat,seperti,Kolam,bak dan akuarium. 1.jenis-jenis dan wadah budidaya ikan hias  A.kolam     kolam biasa digunakan dalam pemeliharaan ikan hias adalah jenis kolam permanen terbuat dari tembok atau yang dibuat dari terpal dengan kondisi air yang jernih.kolam yang digunakan memiliki saluran inlet (airmasuk) dan saluran outlate (air keluar).jenis ikan hias yang sering dipelihara di kolam biasanya berukuran besar seperti:koi,arwana, dan aigator.  B.bak   Bak yang digunakan dalam budidaya ikan hias adalah bak fiber.bak fiber digunakan untuk memelihara ikan dan pada lahan yang sempit dan praktis.ikan hias yang dipelihara pada bak fiber ikan hias yang berukuran besar atau berukuran kecil tetapi dalam jumlah b

Budidaya ikan louhan

Ikan louhan (Flowerhorn) bagi sebagian orang merupakan ikan pembawa hoki.memilikinya diyakini membawa keberuntungan. Anggapan sebagai ikan hoki merupakan keyakinan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat tertentu. Berikut adalah cara untuk budidya ikan louhan untuk pemula. Berdasarkan jenisnya ikan hias louhan menjadi 6 jenis: -CHINWA -CHENCU -FLY MARKING -GOLDEN BEST -CLASSIC -FREE HEAD Maka dari itu perlu diketahui bagaimana membudidayakan ikan louhan secara baik dan benar. Ikan louhan yang dicirikan dengan benjolan kepala,sering diistilahkaan dengan jenong atau nonong disebut juag FLOWERHORN karena tubuhnya yang warna-warni seperti bunga. 1.WADAH BUDIDAYA Akuarium yang digunakan untuk merawat ikan louhan perludiperhatikan ukurannya. Untuk ukuran sebaiknya harus disesusaikan dengan ukuran ikan louhan kita. Ukuran akuarium yang baik ikan louahn adalah ¾ lebih besar dari ukuran tubuh louhan.Untuk louhan berukuran 40-50cm sebaiknya ukuran akuariumnya adalah 200×170×80cm. Akuarium yang